Kadang Pesimis Pada Kehidupan Itu Perlu

Senin, 26 Februari 2018

Judul postingan ini sungguh panjang sekali. Saya terinspirasi menulis ini karena sebuah link yang dibagikan oleh teman saya di Twitter. Silahkan baca ke sini untuk ke artikel aslinya.


Kata orang, hidup itu harus dibawa optimis agar semuanya menjadi lebih menyenangkan. Meski orang jahat mencoba mengusik atau kehidupan memberikan ujian yang berat, kita harus merasa optimis. Bahwa semuanya akan segera berlalu.

Masalahnya, bagi saya entah kenapa ini seperti tidak benar. Karena mau seoptimis apa pun seorang manusia dalam memberikan sugesti kepada dirinya, pasti akan ada titik dimana dia rapuh. Di mana dia merasakan emosi lainnya yang di luar kategori yang bisa dimasukkan sebagai optimis, karena tidak semua hal di dunia ini selalu memberikan energi positif.

Tidak perlu jauh-jauh, saya sendiri merasakannya. Selama ini saya selalu bilang kepada diri sendiri harus optimis, semua masalah yang ada pada hidup ini akan segera berlalu. Hanya saja, semakin lama hal ini justru menimbulkan konflik baru pada emosi saya, karena selama ini selalu berusaha 'menipu' diri sendiri dengan tidak memperbolehkan merasa pesimis.

Akibatnya, justru diri sendiri malah kehilangan arah karena tahu harus mencoba optimis, tapi sebenarnya juga ingin mengeluarkan emosi negatif yang ada di dalam diri ini. Level ringannya stres, level menengah kemungkinan bisa sakit karena terlalu menahan emosi dan level parah kemungkinan mencoba menyakiti diri sendiri.

Kenapa terjadi? Karena kita tidak kenal dengan emosi sendiri. Ya seperti saya bilang tadi, jatuhnya jadi 'menipu' diri sendiri karena berusaha selalu melihat hal-hal di dunia ini dari kacamata optimis.

Pada akhirnya, tidak semua hal di dunia ini harus dilihat dari sisi postitif, harus merasa selalu optimis agar hidup lebih mudah. Karena kita manusia dan emosi kita itu kompleks, jadi sebenarnya wajar jika sesekali kita merasakan pesimis terhadap sesuatu. Sebenarnya yang terpenting adalah, bagaimana pada akhirnya setelah menyalurkan energi negatif itu, kita bisa merasa lebih baik dan berusaha untuk kembali optimis.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar