Senin, 15 Januari 2018

35 Reason to Stay Alive

Jujur saja, saya sudah mempunyai pemikiran untuk bunuh diri sejak SMP. Kalau kalian pikir karena pacar, saya saja baru pacaran saat SMA dan itu pun tidak memberikan kesan apa pun.


Masalah keluarga selalu menjadi pemicu saya ingin melakukannya. Kadang niat itu terlupakan, kadang datang kembali dan entahlah kenapa saya masih hidup sampai hari ini.

Sampai sekarang, pemikiran itu masih ada. Namun, beberapa hari yang lalu saya menemukan daftar kenapa harus hidup. Setelah berbicara dengan teman, saya akhirnya memutuskan akan membagikannya kemari. Agar saya punya pegangan saat memikirkan tentang niatan membunuh diri sendiri.



1. TO MAKE YOUR PARENTS PROUD
Saya tahu mereka ingin melihat saya berhasil. Hal paling utama adalah melihat saya wisuda dan bekerja. Tahun ini, saya mengusahakan mewujudkan hal ini.

2. TO CONQUER YOUR FEARS
Ketakutan saya adalah ... menikah.

Saya melihat sendiri bagaimana pengkhianatan berakhir menghancurkan mental seorang anak. Saya melihat, saya mendengar dan saya merasakan bagaimana menjadi korban. Tidak tahu, apa saya akan sanggup melemparkan diri kepada komitmen bernama pernikahan.

Sepertinya, ketakutan saya ini beralasan. Karena orang tua saya pastinya ingin saya menikah, sementara saya sendiri tidak berpikir demikian. Benar, menikah itu pilihan, tetapi saya anak pertama dan akuilah, anak pertama pasti memiliki beban untuk menjadi anak terbaik bagi orang tuanya.

3. TO SEE YOUR FAMILY AGAIN
Kapan terakhir kali saya melihat keluarga besar dari pihak Ayah mau pun Ibu saya?

Saya ingin bertemu dengan mereka, meski saya harus siap dengan konsekuensi. Mendengarkan pertanyaan, "kapan kamu wisuda?" atau, "sudah bekerja?"

(Baca: Hal yang Saya Ketahui di Pontianak)

Pertanyaan itu memang menyebalkan, tetapi bagi saya yang selama ini hidup di kota yang tidak punya sanak saudara, mungkin ini adalah bentuk perhatian.

4. TO SEE YOUR FAVORITE ARTIST LIVE
Saya ingin menonton konser KPOP. Waktu pertama kali ini terbit, saya bilang ingin menonton VIXX, sekarang saya ingin menonton BTS. Entah apa besoknya, karena saya bukanlah tipe fans yang setia banget untuk mengidolakan 1 grup.

Hanya saja, saya tahu mereka adalah alasan lainnya untuk saya kembali semangat menyelesaikan TA. Demi bisa mendapatkan pekerjaan, demi bisa menonton konser mereka. Saya akan berusaha semaksimal mungkin demi mewujudkan mimpi ini.

5. TO LISTEN TO MUSIC AGAIN
Mungkin ini lebih tepatnya ... saya mau membeli album idola saya dengan cara legal. Mau beli album, mau beli digital album (iya, saya mau beli iPhone kalau begini caranya) dan hal-hal yang bisa mendukung mereka untuk terus berkarya.

Karena saya berharap, kontribusi sekecil membeli album bisa membuat mereka terus berkarya. Kalau sudah begini, saya tidak mungkin bisa membunuh diri sendiri bukan?

6. TO EXPERIENCE A NEW CULTURE
Saya punya mimpi, untuk bekerja di luar Kalimantan dan bekerja di luar negeri.

Kata orang-orang, mimpi saya ketinggian. Kata Ibu saya, mimpi saya tidak rasional.

Perempuan seharusnya berpikiran untuk bekerja dan mencari jodoh setelahnya. Namun, saya tidak mau menikah muda. Bahkan tidak yakin mau menikah atau akan melajang seumur hidup.

Kembali ke nomor 2, saya takut menikah.

7. TO MAKE NEW FRIEND
Saya ingin punya teman yang benar-benar bisa menerima saya apa adanya, bukan ada apanya.

Selama ini, saya justru tidak cocok dengan lingkungan sekitar. Saya terlalu kritis, saya terlalu banyak mempertanyakan keputusan seseorang, sehingga saya bukanlah favorit semua orang. Orang yang cocok dengan saya justru orang yang berada di dunia maya dan itu membuat saya sedih.

Teman nyata ... apa mungkin saya menemukannya?

8. TO LEARN FROM YOUR MISTAKE
Saya tidak ingin menjadi manusia jumawa. Saya punya banyak kesalahan dan saya ingin semua kesalahan itu membuat diri ini menjadi manusia yang lebih baik lagi.

(Baca: Mencoba untuk Lebih Baik)

Masih banyak hal yang harus saya perbaiki dari diri ini dan untuk itu, saya akan berjuang untuk memecahkan masalah-masalah yang saya timbulkan.

9. TO INSPIRE
Menjadi seseorang yang menginspirasi itu berat. Saya tidak punya bakat untuk menginspirasi, tapi saya suka menulis.

Hanya saja, apa ini berharga untuk menjadikan saya sebagai orang yang menginspirasi?

10. TO TO HAVE YOUR OWN CHILDREN
Saya ingin mengoreksi. Saya ingin bisa merawat anak menjadi manusia yang lebih baik dari saya. Tidak peduli dia anak kandung saya atau anak angkat.

Karena saya orang dewasa yang bisa menentukan pilihan untuk merawat anak orang lain sebagai anak saya atau melahirkan manusia baru di dunia ini.

Menikah bukan tentang punya anak. Punya anak juga bukan tentang menjadi ajang lomba memamerkan kebahagiaan hidup.

11. TO TO ADOPT YOUR OWN PET
Saya ingin mengadopsi kucing, saat saat benar-benar yakin bisa berkomitmen. Meski pun sebenarnya sekarang sudah punya 2 kucing di rumah, tapi itu bukan kucing yang benar-benar saya pelihara dengan sayang.

(Tambahan: sekarang kucing di rumah ada 6, karena salah satu kucing saya melahirkan 4 anak)

12. TO MAKE YOURSELF PROUD
Dengan menerbitkan novel, itu adalah mewujudkan mimpi saya sendari dulu. Kebangaan yang pasti tidak akan mengalahkan apa pun pencapaian saya selama hidup berlangsung.

Karena pada akhirnya saya pasti akan merasa, "ternyata tulisan saya berharga bagi satu penerbit."

13. TO MEET YOUR IDOL
Waktu itu saya bilang VIXX dan NU'EST. Sekarang, saya ingin menambahkan BTS. Kalau saya punya kesempatan bertemu dengan mereka, maka hal ini yang ingin saya katakan.

Terima kasih telah bekerja keras dan jangan lupa bahagia.

14. TO LAUGH UNTIL YOUR CRY
Saya berharap, tawa ini bukan karena menonton acara. Ini terjadi karena seseorang yang berharga dalam hidup saya. Berharga tidak selalu harus pacar. Orang berharga bisa siapa saja dan itu yang ingin saya temukan.

15. TO FEEL TEARS OF HAPINESS
Bahagia itu apa? Saya sedang mencari tahu dan mungkin, ini adalah pekerjaan rumah seumur hidup tentang makna kebahagiaan.

Karena ... apa benar bahagia sesederhana bisa memakan es krim di KFC?

Karena ... apa benar bahagia harus menyakiti orang lain dan merasakan sakit untuk bisa mendapatkannya secara permanen?

16. TO EAT YOUR FAVORITE FOOD
Daripada makan, saya ingin bisa membuat konten video di mana berbagi cara memasak makanan Indonesia. Agar makanan Indonesia seterkenal makanan Korea dan Jepang.

Saya jujur selalu iri dengan konten video Honeykki, Ochikeron, Maangchi dan juga The Cooking Tree.

Akan diusahakan untuk bisa membuat konten video seperti itu. Doakan misi saya berhasil.

17. TO SEE YOUR SIBLINGS GROW
Melihat adik saya bisa hidup mandiri adalah impian saya. Dia tidak seperti anak normal lainnya, jadi secara tidak langsung saya menanggung beban untuk melihatnya hidup baik-baik saja.

18. TO PASS COLLEGE
Saya sedang mengusahakannya. Tahun ini saya harus wisuda. Juga kalau memungkinkan, saya juga ingin merasakan kuliah S2. Terserah jurusan apa, asalkan kuliah itu berguna bagi saya dan berguna bagi tempat kerja nantinya.

19. TO TRY A NEW THINGS
Awalnya, ini tentang mendapatkan tato. Sekarang, saya ubah untuk mencoba hal-hal baru. Apa pun itu, tolong dicoba.

20. TO SMILE UNTIL YOUR CHEEKS HURT
Saya bahkan kadang kalau senyum masih suka terasa sakit. Namun, saya akan mencoba untuk terlihat lebih ramah. Bukan untuk menarik perhatian lawan jenis, saya ingin membuat lawan bicara saya merasa dihargai.

Karena saya tahu rasanya tidak dihargai oleh orang-orang.

21. TO MEET YOUR INTERNET FRIEND
Benar, saya harus bertemu dengan mereka. Saya berhara bisa bertemu dengan Nadia, Nita dan Jasmine.

22. TO FIND SOMEONE WHO LOVES YOU LIKE YOU DESERVE
Apa orang tua tidak termasuk?

Saya skeptis ada seseorang yang cukup gila berani mencintai orang seperti ini. Menyakinkan saya itu melelahkan, percayalah. Saya bahkan sengaja mencari cara untuk mendapatkan pekerjaan yang memiliki ikatan kontrak tidak menikah dalam jangka waktu tertentu.

23. TO EAT ICE CREAM ON A HOT DAY
Please, saya masih penasaran dengan sorbet, kedai es krim yang ada sejak jaman penjajahan Belanda di Jakarta dan makan Hagen Daaz.

Juga ingin membuat es krim sendiri dari awal, bukan beli adonan tinggal ulen lalu masuk kulkas.

24. TO DRINK A HOT CHOCOLATE ON A COLD DAY
Di negara bersalju. Terserah di mana, tetapi kalau bisa di Seoul, di bulan Desember yang dingin.

25. TO SEE UNTOUCHED SNOW IN THE MORNING
Saya harus bekerja keras untuk bisa tinggal di negara 4 musim. Entah bagaimana caranya, saya akan mengusahakannya. Saya akan membuktikan jika bisa dan tidak apa-apa jurusan saya akhirnya tidak terlalu bermanfaat di kehidupan nyata, karena saya tahu diri dengan kemampuan sendiri.

26. TO SEE A SUNSET THAT SETS THE SKY ON FIRE
Saya mau melihatnya di Bali, di apartemen yang cukup tinggi dan sebuah hotel di Chiba. Sungguh ambisius impian ini, tetapi tidak apa-apa. Impian yang membuat saya tetap ingin hidup.

27. TO SEE THE STARS LIGHT UP THE SKY
Saya terpikirkan Islandia dan langit Jejudo.

28. TO READ A BOOK THAT CHANGES YOUR LIFE
Saya akan membagikannya kemari jika menemukannya. Namun, sepertinya saya pertama-tama harus bisa mengalahkan rasa malas untuk membaca buku cetak. Atau punya tablet untuk membeli ebook secara legal.

29. TO SEE FLOWERS IN THE SPRING
Di Tokyo, saya ingin melihat bunga sakura dan bunga plum.

30. TO SEE THE LEAVE CHANGE FROM GREEN TO BROWN
Saya harus bisa kerja di Korea Selatan, entah bagaimana pun caranya!

31. TO TRAVEL ABOARD
Terserah ke mana saja, tapi Korea Selatan dan Jepang adalah list yang wajib.

32. TO LEARN A NEW LANGUAGE
Belajar Bahasa Korea dan mengambil kursus online S1 Sastra Inggris.

33. TO LEARN A DRAW
Iya, saya ingin belajar membuat gambar watercolor yang floral. Saya juga ingin membuat gambar untuk setiap postingan berasal dari itu.

34. TO TELL OTHERS YOUR STORY IN HOPES OF HELPING THEM
Saya sedang berjuang dan semoga suatu saat nanti memang bisa menolong orang-orang yang membutuhkan. Blog ini adalah arsipannya dan jika bahasanya inkonsisten, maafkan saya. Karena di sini yang menuliskan berdasarkan mood.

35. TO LOOK BACK ON THIS MOMENT IN 10 YEARS TIME AND REALIZE YOU DID IT
Mari kita lihat apa yang akan saya tuliskan 10 tahun yang akan datang. Itu berarti 15 Januari 2028.



Panjang ternyata postingan ini dan saya butuh waktu 4 hari untuk menyelesaikannya ... karena mager. Semoga 10 tahun yang akan datang, saya akan menuliskan apa yang terjadi setelah menuliskan hal ini.

Sampai saat itu tiba, tolong bertahan hidup.

Tidak ada komentar

Posting Komentar