Rabu, 29 November 2017

Masa Depan Idola

Idola apa dulu yang mau dibahas? Karena sekarang, saya tahu idola itu tidak hanya artis di TV saja. Ada banyak macamnya, hanya saja saya memilih membahas satu yang menganggu sejak Selasa sore.



Karena saya hanyalah mahluk pencinta visual, maka jawabannya jelas mau membahas siapa. Idola dari Korea sana. Cuma bukan BTS yang mau dibahas. Maaf saya aja masih belum bisa bedain semua membernya kecuali RM dan Jungkook. Eh, sama Suga deng. Saya membahas ini secara general saja.

Oke, kembali ke fokus judul ini. Masa depan idola. Ini pun sebenarnya masih rancu, jadi mau saya pecah jadi beberapa subjek.


POPULARITAS
Karena ketenaran itu tidaklah selamanya.

Faktanya, populer itu fana, sementara hidup ini nyata. Lalu jika mereka sudah tidak populer lagi, mereka akan hidup dari apa?

Karena fans seloyal apa pun, akan ada masanya untuk berhenti jadi fans. Karena ini hanyalah fase kehidupan. Serta jangan lupakan fakta, dunia entertainment itu keras. Akan banyak pesaing yang tidak mungkin yang populer hari ini, besok mungkin bukanlah siapa-siapa.

Jadi jangan heran sama idola yang rela kerja dari pagi ketemu pagi demi mengumpulkan Won. Karena mereka tahu, masa ini tidaklah selamanya. Selama masa ini masih ada, mereka akan terus bekerja demi memastikan fansnya tetap mencintainya.

Karena dunia ini terlalu cepat berputar dan tidak bisa diprediksi.


JIKA PUNYA PACAR ATAU MENIKAH
Sungguh level kepedulian saya akan hal ini terlalu tinggi. Oh tenang, saya bukan penganut "oppa is mine" karena siapalah daku ini?

Hanya saja, pernahkah terpikirkan oleh para fans sikap apa yang diambil jika idolanya mengalami fase ini? Karena akuilah, para idola ini bergantung pada pada fans sebagai sumber mata pencahariannya.

Jangan mendustakan nuranimu, karena kamu membayar sejumlah uang dan mengorbankan waktu untuk tahu tentang idolamu. Baik beli album, menonton di youtube dan V channel (memangnya nonton tidak butuh kuota internet ha?), beli merchandise, ikut serta kalau mampu nonton konser dan fan meeting.

Lalu dengan semua pengorbanan ini, tiba-tiba idola kamu mengumumkan kalau punya pacar atau mau menikah (ya tidak diumumkan sih, biasa dispatch yang buat berita), gimana perasaanmu?

Logikanya, ya tidak apa-apa. Karena dia manusia biasa dan kita menyukai karyanya.

Iya logikanya seperti itu. Kenyataanya?

DITINGGAL SAMA FANS LAH. UNTUK APA BIAYAIN ORANG YANG HIDUPNYA UNTUK BERSAMA ORANG LAIN?

Kejam ya? Hanya saja, bukankah ini kenyataanya? Alasan ini pula yang membuat banyak idol berbohong jika mereka masih sendiri, mereka masih belum berminat berpacaran atau bilang mereka hanya cinta pada fansnya.


SETELAH MASANYA HABIS
Karena sudah tidak menjadi idola lagi akibat kalah saing dengan pendatang baru.

Karena wajib militer dan saat kembali, fansnya sudah pergi. 

Karena keputusan untuk menikah.

Seperti poin pertama, dunia idola itu popularitasnya fana.

Bayangkan saja begini, idola ini cukup populer dan seharusnya dia punya uang cukup untuk membiayai hidupnya. Hanya saja, bagaimana setelah masanya habis, dia malah hidup susah? Tempat tinggal bukan milik sendiri, tapi masih mengontrak. Dia tidak punya sumber penghasilan karena tidak diterima dimana pun.

Sedih tidak membayangkannya? Sedih harusnya, kalau masih manusia yang punya rasa empati.

Meski pasti akan bertanya-tanya, uangnya ke mana? Saat populer dia melakukan apa sampai setelah lewat masanya jadi susah begini?

Karena kebanyakan dari mereka tidak mau keluar dari zona nyaman. Hal inilah yang membuat mereka susah di kemudian hari. Karena berharap pada fans, sementara dia sendiri tidak berusaha mengembangkan diri di bidang lain.

Contoh nyatanya? Eli U-Kiss yang mana pada eranya cukup populer, baik di Korea mau pun di Jepang. Lalu bagaimana hidupnya di Mr. House Husband yang bikin miris. Membuat saya berpikir, "apa idola saya di masa depan nasibnya akan seperti dia setelah menikah?"



Intinya adalah, ini hasil pemikiran sampah soal idola saya. Bagaimana jika dia kehilangan masa populernya? Apakah dia akan hidup baik dan bahagia atau malah hidup susah dan memiliki kasus?

Tidak ada solusi, karena saya pun juga tidak tahu bagaimana cara menyampaikan hal ini kepada idola saya. Kalau kata teman, "doakan saja agar dia tahu harus mengambil jalan hidup apa untuk ke depannya."

Tidak ada komentar

Posting Komentar