Selasa, 27 Oktober 2015

Me as Shen Meileng

Source here

Tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Di book blogger yang aku kelola, aku juga membuat postingan serupa dengan ini tetapi dengan lebih spesifik untuk blog itu serta komunitas yang kuikuti. Untuk postingan ini, aku mungkin lebih bercerita tentang alasan aku membuat blog serta alasanku memilih komunitas blog.

Aku bukanlah orang yang suka bersosialisasi. Jangankan bersosialisasi, berbicara saja aku kadang malas. Bukannya apa, setiap aku berusaha berbicara pasti berakhir dengan diabaikan. Setiap kali aku berusaha untuk bersosialisasi, aku hanya berakhir dengan dimanfaatkan dan dibuang kalau tujuannya tercapai.

Habis manis, sepah dibuang.

Dan satu-satunya pelarianku adalah dengan menulis. Namun karena aku orangnya suka kesal sendiri dengan tulisanku yang jelek (tulisan tangan), maka aku memutuskan untuk membuat blog. Tapi masalahnya dulu adalah koneksi internetku tidak stabil, berbeda dengan sekarang dimana rumahku sudah memiliki wifi.

Sahabatku (yah, anehnya orang sangat sulit bersosialisasi ini punya sahabat) yang tahu aku kesulitan berbaur dengan orang-orang menyarankan untuk mencoba untuk melakukan hal yang paling aku hindari. Aku bilang aku benci keramaian, jadi dia malah membawaku ke tempat yang aku benci. Aku bilang aku benci bersosialisasi, jadi dia membawaku berkeliling ke mall dengan semua teman-temannya yang kebanyakan cowok yang sebenarnya aku tahu mereka menyimpan rasa pada sahabtku ini.

"Kalau kamu gak mencoba, kamu kapan tahu sampai mana batas limitmu?"

Itu yang selalu dikatakannya setiap kali aku protes. Yah, aku berani memberikan gelar sahabat padanya karena dia satu-satunya yang tidak membicarakanku dari belakang, tidak mengkhianatiku dan juga dia satu-satunya orang yang berani mengajakku bertengkar karena berusaha membawaku menjadi orang yang lebih baik lagi.

Meskipun ... ajarannya menjadikanku sebagai cewek sinis dan bak cewek di sinetron kebagian peran antagonis sih, ahahaha.

Dan berbekal itulah, akupun berusaha untuk bersosialisasi. Dan karena sahabatku tidak memberikan batasan mana aku harus bersosialisasi, jadilah aku memilih bersosialisasi di dunia maya. Kalaupun dia mau protes, sudah terlambat. Dia kan tidak memberikan batasan mana yang harus aku lakukan dan aku mah apa, mencari celah dimana aku tidak perlu keluar rumah.

"Kamu itu kaku banget tahu gak sih? Sometimes, break the rules. Don't be too boring, because life is being boring now."

Ah, sudahi saja kisah tentang sabahatku ya. Nanti deh kalau ingat aku bakalan buat postingan tersendiri tentangnya. Aku senang bersahabat dengannya, meskipun semua orang mengatakan dia slut, tapi dia jauuuh lebih baik daripada orang yang mengatakan dirinya adalah "orang baik".

Maaf, tapi aku justru jauh lebih takut dengan orang baik daripada orang yang dicap sebagai bad people.

Alasanku memilih komunitas dimana tempatku bergabung (Kancut Kebblegger & Blog Perempuan) karena aku ingin bersosialisasi. Mungkin aku masih belum bisa melewati keinginan sahabatku untuk berbaur dengan banyak orang di dunia nyata, tapi setidaknya dia tahu aku sudah membuat perkembangan sejak pertama kali kami bertemu.

Dari komunitas ini juga, aku semakin belajar untuk menjadi blogger yang baik karena melihat konten tulisan para blogger yang keren-keren (meskipun kebiasaan jelekku masih ada, masih suka jadi silent reader). Dan dari komunitas ini pula, aku mencoba peruntungan untuk ikutan lomba menulis artikel.

Aku tudak bohong kalau aku shock saat percobaan pertama aku bisa masuk juara harapan, memenangkan power bank, uang tunai serta hadiah jalan-jalan ke Green Canyon (dimana itu adalah salah satu tempat yang dari dulu ingin aku datangi jika solo travelling). Menurutku tidak banyak orang yang bisa memenangkan hadiah dalam percobaan pertama dan bahkan aku sendiri sampai sekarang tidak percaya.

Maksudku ... aku blogger pemalas, yang hanya membuat blog demi menumpahkan segala ekspresi yang tidak bisa aku lalukan di dunia nyata serta berusaha untuk bersosialisasi, memenangkan sebuah kompetisi?

Jalanku masih panjang, masih banyak yang harus aku lakukan agar blog ini semakin baik. Agar tujuan awalku sebagai tempat bersosialisasi yang pada akhirnya membuatku menjadi lebih baik sebagai manusia.

Harapanku? Semoga semakin rajin mengisi blog ini maupun The Cute Geek (nama book blogger milikku) dengan tulisan yang berkualitas. Karena di book blogger milikku sering mendapatkan tawaran resensi baik dari penerbit maupun penulisnya langsung, mungkin untuk blog ini aku akan membuat target dimana aku diajak bekerja sama untuk mengulas sesuatu. Yap, mari kita lihat tanggal 27 Oktober tahun depan.

Ah iya, aku juga ingin mengembangkan minatku dalam dunia fashion meskipun tidak bisa menggambar. Boro-boro gambar, buat garis lurus aja bisa miring kok. Mungkin bisa dimulai dari OOTD yang dipostingkan di blog ini (dimana masih berpikir keras bagaimana cara memotretnya dengan peralatan seadanya). Selain tentang fashion, aku juga ingin mengembangkan minatku tentang menulis. Aku tahu postingan ini juga salah satu jenis tulisan, tapi maksudku adalah tulisan dalam bentuk novel. Aku sedang berusaha untuk mewujudkannya.

Do whatever you want. And don't be afraid to fall, because that's life.

1 komentar:

  1. Wahh..semangat ya Mei. Moga harapannya soal menulis dan fashion tercapai.
    Tulisan ini jujur sekali, saya sendiri gak berani posting tentang hal-hal atau alasan-alasan yang agak privat di blog he he
    Temanya catchy banget, saya suka :D

    BalasHapus

Komentar kalian sangatlah berarti bagiku